Pengertian Apresiasi Dalam Karya Seni Rupa Terapan Daerah

Pengertian Apresiasi Dalam Karya Seni Rupa Terapan Daerah
Topeng.

IPENDIDIKAN.com - Apresiasi adalah sikap kepekaan dalam mengenal, menghargai, mengagumi, & menilai sebuah karya seni. Apresia memiliki tiga tingkatan, yaitu apresiasi empatik, apresiasi estetis, & apresiasi kritis.

Apresiasi empatik adalah apresiasi yang hanya melihat baik & kurang baik berdasarkan pengamatan belaka dan biasanya dilakukan oleh orang awam yang tidak memiliki pengetahuan dalam bidang seni. Apresiasi estetis adalah apresiasi yang dilakukan untuk menilai keindahan suatu karya seni. Sedangkan apresiasi kritis adalah apresiasi yang dilakukan secara ilmiah & sepenuhnya bersifat keilmuan dengan menampilkan data secara tepat dengan memakai analisis, interprestasi, & penilaian yang dapat dipertanggung jawabkan.

Dear sobat, apa saja yang dapat dilakukan dalam rangka mengapresiasi suatu karya seni?

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam rangka mengapresiasi suatu karya seni yaitu dengan menyelenggarakan pameran seni, / setidaknya senang menghadiri acara pameran seni.

Di negara kita, Indonesia mempunyai keragaman karya seni rupa terapan tampak pada setiap daerah yang masing2 mempunyai keunikan atupun kekhasan sendiri. Berikut benda-benda seni terapan yang dihasilkan oleh beberapa daerah, antara lain adalah:

Kerajinan anyaman.
Anyaman adalah serat yang dirangkai hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang maupun perabot.

Kerajinan ukir.
Ukiran adalah kegiatan mengolah permukaan suatu objek trimatra dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan tersebut sehingga di dapat imaji tertentu.

Kerajinan batik.
Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan maupun menerakan malam pada kain tersebut, selanjutnya pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang mempunyai kekhasan.

Kerajinan wayang.
Wayang adalah seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau jawa & Bali.

Kerajinan tenun.
Tenun adalah teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang & melintang. Terdapat dua jenis tenun yaitu tenun ikat & tenun soket. Tenun kebanyakan terdapat di kalimantan, minangkabau, NTT, NTB, Lampung, Palembang, Sulawesi, Flores, & Sumatra Utara.

Kerajinan topeng.
Topeng adalah benda yang digunakan di wajah yang dapat digunakan untuk keperluan perlengkapan tari & hiasan.

Kerajinan keramik.
Daerah penghasil kerajinan keramik yang terkenal di Nusantara, antara lain kasongan (yogyakarta), sompok, & mayong (jepara).

0 Response to "Pengertian Apresiasi Dalam Karya Seni Rupa Terapan Daerah"

Post a Comment