Sejarah Perkembangan di Muka Bumi

iPENDIDIKAN.com - Adik-adik tercinta, kali ini kita membahas materi mata pelajaran geografi tentang sejarah terbentuknya bumi. Semoga setelah membaca materi ini, adik-adik dapat memahami serta mampu memjelaskan sejarah pembentukan bumi.

Berdo'a mulai.....

Check it out....

Sejarah Terbentuknya Bumi.

Menurut para ahli astronomi & geologi, dari hasil penelitian memperkirakan bahwa bumi terbentuk dari tubuh matahari sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. perkiraan ini berdasarkan atas penelaahan ilmu yang mempelajari fosil-fosil sisa makhluk hidup purba di masa lalu (paleontologi) & ilmu yang mempelajari tentang struktur lapisan-lapisan batuan pembentuk muka bumi (stratigrafi).

Bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup, tersusun dari beberapa lapisan bumi, bahan-bahan material pembentuk bumi, serta seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Bentuk permukaan bumi berbeda beda, mulai dari daratan, pegunungan, aluatan, danau, perbukitan, lembah, dsb....

Bumi merupakan salah satu planet yang termasuk dalam tata surya di alam semesta ini tidak diam, melainkan bumi melakukan perputaran pada porosnya (rotasi) & bergerak mengelilingi matahari (revolusi) sebagai pusat sistem tata surya. hal ini lah yang menyebabkan terjadinya siang, malam, & pasang surut air laut. Oleh sebab itu, proses terbentuknya bumi tidak terlepas dari proses terbentuknya tata surya.

Berikut merupakan ilustrasi siklus pembentukan bumi terbagi menjadi beberapa, yaitu:
  1. Bumi masih berbentuk bola pijar.
  2. Bumi mendingin berangsur-angsur membentuk litosfer.
  3. Pembentukan atmosfer bumi.
  4. Bumi terbentuk sempurna.
Dalam perkembangannya, planet bumi terus mengalami perkembangan dengan proses secara bertahap hingga terbentuk sempurna seperti sekarang ini.

Dalam proses pembentukkan bumi terdapat tiga tahap, yaitu:
  1. Bumi awalnya masih merupakan planet homogen serta belum mengalami perlapisan unsur.
  2. Pembentukan perlapisan struktur bumi dimulai dengan terjadinya pemisahan (diferensiasi). Material besi yang berat jenisnya lebih besar akan tenggelam, sedangkan material besi yang berat jenisnya lebih ringan maka akan bergerak ke permukaan.
  3. Lapisan bumi terbagi menjadi tiga, yaitu inti, mantel, & kerak bumi.

B. Struktur Bumi.

sejarah perkembangan di muka bumi

Planet bumi pada dasarnya memiliki struktur utam, yaitu sebagai berikut:

1. Barisfer.
larisfer adalah lapisan ini bumi yang merupakan bagian bumi yang paling dalam yang terbentuk atas lapisan nife. lapisan ini juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu inti bumi bagian dalam & inti bumi bagian luar.

2. Astenosfer.
Astenosfer adalah lapisan yang terletak di bawah litosfer dengan ketebalan mencapai sekitar 2.900 km yang berupa material cair, kental, dan berpijar dengan suhu sekitar 3.000○C, & merupakan campuran dari beberapa bahan yang sifatnya cair, padat, serta gas yang bersuhu tinggi.

3. Litosfer.
Litosfer adalah lapisan batuan pembentuk kulit bumi atau crust.


Demikian adik-adik pembahasan tentang sejarah terbwntuk nay bumi dan strukturnya. Terima kasih dan sampai jumpa kembali.