Reaksi Redoks dan Elektrokimia

Reaksi Redoks dan Elektrokimia
© CC0/WikimediaImages/Pixabay

Hallo adik-adik tercinta, hari ini kita akan belajar bersama membahas tentang materi kimia kelas xii reaksi redoks dan elektrokimia. Bagi adik-adik khusunya kelas xii simaklah pembelajaran berikut ini.


A. Reaksi Redoks 


Pengertian Reaksi Redoks 
Reaksi redoks atau reaksi reduksi oksidasi adalah reaksi kimia yang disertai perubahan bilangan oksidasi. Reaksi yang disertai dengan penurunan bilangan oksidasi atau penyerapan elektron disebut reaksi reduksi. sedangkan reaksi yang disertai dengan kenaikan bilangan oksidasi atau pelepasan elektron disebut reaksi oksidasi. Zat yang mengalami oksidasi disebut reduktor/pereduksi dan zat yang mengalami reduksi disebut oksidator/ pengoksidasi. 

Penyetaraan Reaksi Redoks
Syarat reaksi redoks disebut sudah setara, apabila reaksi tersebut mempunyai jumlah atom di ruas kiri sama dengan jumlah atom di ruas kanan dan jumlah muatan di ruas kiri sama dengan jumlah muatan di ruas kanan. Kebanyakan reaksi redoks berlangsung dalam larutan air sehingga molekul H2O, ion H+ dan OH- sering berpartisipasi sebagai pereaksi maupun hasil reaksi Ada dua metode dalam penyetaraan reaksi redoks, yaitu metode bilangan oksidasi dan metode setengah reaksi (ion elektron). 

a. Metode Bilangan Oksidasi

Metode ini berdasarkan pada jumlah per. tambahan biangan oksidasi dari reduktor sama dengan jumlah penurunan bilangan oksidasl dari oksidator Langkah-langkah dalam penyetaraan reaksinya adalah sebaga berikut.
  1. Menentukan unsur-unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi.
  2. Menyetarakan koefisien unsur-unsur yang mengalami perubahan bilangan .
  3. Menentukan jumlah perubahan bilangan oksidas dari oksidator reduktor, di mana jumlah perubahan bilangan oksidasi sama dengan jumlah atom dikalikan perubahan bilangian oksidasinya.
  4. Menyamakan jumlah perubahan bilangan oksidasi dengan memberikan koefisien yang sesuai
  5. Menyetarakan muatan dengan menambah ion H+ (asam) dan iono OH- (basa). 
  6. Menyetarakan atom H dengan menambahkan H2O.
  7. Menyetarakan jumlah unsur-unsur lain dengan urutan kation anton, hidrogen, dan oksigen (untuk jenis reaksi rumus). 

b. Metode Setengah Reaksi (lon Elektron)

Metode didasarkan pada jumlah elektron ini yang dilepaskan pada setengah reaksi oksidasi sama dengan jumlah elektron yang diserap pada setengah reaksi reduksi. Langkah-langkah dalam penyetaraan adalah sebagai berikut.

  1. Menuliskan reaksi dasar unsur unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi dan menuliskan reaksi ion dalam bentuk reaksi reduksi dan reaksi oksidasi secara terpisah.
  2. Menyetarakan masing-masing setengah reais sesuai unutan berikut :
  • Menyetarakan unsur yang mengalam perubahan biangan oksidasi.
  • Menyetarakan jumlah atomoksigendan hidrogen. 

(1) Larutan asam atau netral dengan menambah 1 molekul H2O untuk setiap kekurangan 1 atom oksigen pada ruas yang kekurangan atom oksigen Menyetarakan atom H dengan menambahkan ion H+ pada ruas yang kekurangan atom H.

(2) Larutan basa dengan menambah 1 molekul H2O untuk kelebihan 1 atom oksigen pada ruas yang kelebihan atom oksigen .Menambahkan iono OH- dua kali lebih banyak pada ruas yang lainnya. 

(3) Menyetarakan spesi lain dengan menambahkan spesi yang bersangkutan pada ruas lain.

(4) Menyetarakan muatan dengan menambahkan elektron pada ruas yang jumlah muatannya lebih besar.


Cukup sekian pembahasan tentang materi kimia kelas xii reaksi redoks dan elektrokimia. Jangan lupa pelajari materi yang lain ya adik-adik. Selamat belajar dan terus semangat.

Salam dari Tim iPendidikan.com


Penulis: Dewi Una

0 Response to "Reaksi Redoks dan Elektrokimia"

Post a Comment