Klasifikasi Akun atau Rekening

Hallo adik-adik tercinta, kali ini kita akan belajar bersama tentang klasifikasi akun atau rekening, khususnya bagi adik-adik kelas X harus tahu ya...
Jangan lupa, seperti biasa sebelum belajar kita berdo'a dulu.. oke..

Pada dasarnya akun atau rekening diklasifikasi menjadi dua, yaitu akun rill(neraca) dan aku nominal (labarugi).

Akun rill (neraca)

Akun rill (neraca) adalah akun yang pada akhir periode dilaporkan dalam laporan neraca. Akun ini meliputi akun aktiva, kewajiban, & ekuitas (modal).

Harta perusahaan yang terdapat dalam akun meliputi aktiva harta lancar, investasi jangka panjang,aktiva tetap & harta yang tidak berwujud.
  • Aset lancar aktiva lancar adalah aktiva yang mudah dicairkan & habis dipakai dalam satu periode akuntansi. Misalnya: kas, piutang usaha, surat-surat berharga,perlengkapan, asuransi yang di bayar di muka atau sewa di bayar d muka dan lain sebagainya.
  • Investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan perusahaan dalam jangka wakt lebih dari satu tahun. Misalnya: investasi saham dan investasi obligasi
  • Aset tetap atau aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang dipakai perusahaan dengan maksud untuk tidak di jual pada operasi normal perusahaan serta memiliki manfaat lebih dari 1 tahun. Misalnya: peralatan, tanah, gedung, kendaraan, mesin, dan lain sebagainya.
  • Aset tidak berwujud atau aktiva tidak berwujud adalah aktiva yang berupa hak- hak istimewa yang dapat menguntungkan perusahaan. Misalnya: hak paten, hak cipta, dan lain sebagainnya.

Akun liabilitas atau kewajiban atau utang (liability)

Akun kewajiban atau utang dikelompokan menjadi utang lancar dan utang jangka panjang.
  • Liabilitas lancar atau utang lancar adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Misalnya: utang usaha, utang gaji dan lain sebagainya.
  • Liabilitas jangka panjang adalah kewajiban pada pihak lain atau kreditur yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Misalnya : utang obligasi,utang hipotik dan lain sebagainya.

Akun ekuilitas (modal)

Ekuilitas atau modal adalah bagian hak pemilik terhadap kekayaan perusahaan, yaitu selisih antar harta dikurangi dengan utang. Misalnya : modal aini, modal dwi & modal sari.


Nah, seperti itu tadi pembelajaran kali ini. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami. Terima kasih.



Penulis: Dewi Una Sari

0 Response to "Klasifikasi Akun atau Rekening"

Post a Comment