Konsep yang Berkaitan dengan Evolusi

Hallo adik-adik tercinta, kali ini kita akan belajar bersama tentang beberapa konsep yang berkaitan dengan evolusi. Yuk, simak materi berikut ini.

Spesies

Spesies adalah seklompok makhluk hidup anggota populasi yang melakukan perkawinan silang dan dapat menghasilkan keturunan yang fertil. Perbedaan ukuran, fisiologi dan tingkah laku tidak memisahkan populasi menjadi spesies yang berbeda apabila makhluk hidup itu dapat melakukan persilangan dan menghasilkan keturunan yang fertil.

Spesiasi

Spesiasi alalah proses pembentukan spesies baru.

Spesies terdiri dari :
  • Anagenesis (evolusi filetik) yang terbentuknya spesies baru dari populasi tunggal.
  • Kladogenesis (evolusi bercabang) yaitu terbentuknya dua atau lebih spesies baru dari spesies asal.

Ok, selanjutnya...

Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan organisme menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Berikut macam macam adaptasi adalah:
  • Adaptasi struktur : perubahan bentuk organ yang menyesuaikan diri. Contonya: burung bersayap dan ikan mempunyai sirip.
  • Adaptasi fisiologi : penyesuaian kerja fungsi tubuh makhluk hidup terhadap lingkungan. Contonya kaktus menggugurkan daunya untuk mengurangi penguapan dan burung dapat terbang karena memiliki kantong udara.
  • Adaptasi tingkah laku. Contohnya bulu ayam di sekitar leher ditegakan bila bertarung, merak jantan memamerkan ekor yang indah kepada betinanya, daun putri malu mengatup bila di sentuh. Burung dara jantan mengangguk anggukan kepalannya, berputar mengelilingi betina sampai bersuara indah untuk memikat betina.
  • Adaptasi system sensori. Contonya klelawar dapat terbang dalam kegelapan dan tidak menabrak kawat yang menghalanginnya.
  • Adaptasi reproduksi. Contohnya Ikan dan katak bertelur di dalam air dan fertilisasi eksternal, tumbuh di daerah kering menghasilkan biji bersayap, berbulu dan ringan sehingga mudah terbawa angin.
  • Adaptasi organisasi social. Contohnya Semut,rayap, menangkap mangsa bersama-sama. Selain itu contoh lainnya Singa,anjing, menangkap mangsa bersama-sama.
  • Adaptasi koevolusi: perubahan struktur organ antara dua spesies yang berbeda sehingga memudahkan dalam bekerjasama. Contohnya Simbiosis mutualisme : bunga dengan lebah dan Simbiosis parasitisme : kutu dengan manusia

Nah, cukup sekian pembelajaran kita lali ini. Bila bermanfaat jangan lupa bagikan ke temen-temen kalian semua :)

0 Response to "Konsep yang Berkaitan dengan Evolusi"

Post a Comment