Dua Bacaan Pengantar ke Surga

iPendidikan.com - Dua bacaan pengantar kita ke surga ini mungkin sudah tidak asing lagi, dimana kata-kata itu yang seharusnya sering kita lafalkan dalam kehidupan sehari hari, baik dalam keadaan suka maupun duka. Dua kalimat itu adalah :

Dua Bacaan Pengantar  ke Surga


1. bacaan basmallah
بسم الله الرمن الرحيم
"Dengan menyebut asma Allah, yang maha pengasih lagi maha penyayang"
Seperti yang dijelaskan dalam kitab al-futuchah al-makkiyyah karangan syeikh Muhammad bin al-'araby al-tha'iy al-chatimy, juz VII, halaman.259. meriwayatkan "Demi Allah Dzat yang maha Agung, Sungguh seseorang telah bercerita kepadaku". sampai seperti yang terjadi pada Sahabat Anas bin Malik. dia berkata:
"Demi Allah dzat yang maha agung, sungguh Abu Bakar as-Shiddiq telah bercerita kepadaku, dia berkata: Demi Allah dzat yang maha agung, sungguh nabi Muhammad al-mushthafa SAW telah bercerita kepadaku,
beliau bersabda: Demi Allah dzat yang maha agung, sungguh malaikat jibril telah bercerita kepadaku, dia berkata: Demi Allah dzat yang maha agung, sungguh israfil telah bercerita kepadaku,
"Sungguh Allah SWT Berfirman: Wahai israfil! Demi keagungan dan kedermawanan-ku, barangsiapa membaca "bismillahirrahmanirrahim" yang dilanjutkan Al Fatichah sebanyak 1 kali, maka bersaksilah bahwa sesungguhnya aku telah mengampuni dosanya, menerima kebaikan-kebaikannya, memaafkan segala kesalahannya, aku tidak akan membakar lidahnya di neraka, Aku akan menyelamatkannya dari siksa kubur, siksa api neraka dan siksa kiamat, serta dia akan berjumpa denganku sebelum seluruh para nabi dan para wali" . (HR Ibnu 'Abbas)

2. bacaan Chamdalah

الحمدلله
"Segala puji bagi Allah"
Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Bacaan chamdalah dapat mengisi penuh timbangan amal" (HR Imam Nasa'i)
dan dalam riwayat lain hadits dari sahabat Ibnu 'Umar RA, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Perbanyaklah membaca chamdalah, Karena sesungguhnya dia memiliki dua mata dan dua sayap. dia melakukan sholat di surga seraya memintakan ampunan dosa sampai hari kiamat bagi orang yang membacanya". (HR Dailami)
Nabi Muhammad SAW  juga bersabda:
"Seandainya dunia dan seisinya berada di tangan seorang lelaki dari umatku, kemudian dia mengucapkan alchamdulillaah, maka pasti alchamdulillaah itu lebih utama dari pada dunia seisinya". (HR Ibnu Asakir)
Bacaan tasbich (subchanallaah) dan tachmid (alchamdulillaah) juga termasuk bacaan tahlil (laailaaha illallaah)

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW:
"Ucapan terbaik yang pernah aku ucapkan dan nabi nabi sebelumku adalah kalimat laailaha illallaah".
Perlu di ketahui ada 8 bacaan dzikir yang wajib dibaca minimal sekali seumur hidup, yaitu:
1. ﻵإله إﻻالله (tahlil)
2. الحمدالله (chamdalah)
3. بسم الله الرحمن الرحيم (basmalah)
4. سبحان الله (tasbih)
5. الله أكبر (takbir)
6. ﻻحول وﻻقوةإﻻبالله (chauqalah)
7. Sholawat kepada Nabi
8. Salam kepada Nabi