Cara Mendidik & Melatih Anak Menurut Agama

iPendidikan.com - Anak adalah amanat yang dibebankan kepada kedua orang tua. Mendidik & melatih anak seharusnya dilakukan sejak anak itu dilahirkan.

Dalam Islam mengajarkan bahwa yang diperbolehkan mengasuh anak hanyalah wanita yang baik (sholichah), karena ASI yang dihasilkan dari perkara yang haram tidak akan membuat berkah.

Foto : Ilustrasi seorang ibu & anak (dok,2015).
Setiap orang tua harus memiliki sifat kasih sayang kepada anaknya, karena sikap keras & kasar hanya akan mengakibatkan anak terkadang menjadi benci kepada orang tuanya. Ingat itu !!!

Ada yang berpendapat bahwa mendidik etika kepada anak sejak kecil akan membuat hatinya tentram ketika anaknya sudah menjadi dewasa. Untuk itu sebagai orang tua, harus mampu mengajarkan etika kepada anaknya.

Ketika orang tua mendidik anak harus mengajarkan tentang etika makan, minum, berpakaian, rasa malu, serta dapat menerima apa adanya. Selain itu juga harus mengajarkan tentang keyakinan, memberitahu makna yang terkandung di balik lafal " laillahaillah " , tidak meludah di mesjid maupun dihadapan orang lain, tidak banyak ngomong, tidak berbohong, berkata dengan ucapan yang benar, & pula mengajarkan etika duduk yang baik, & apa saja yang menurut tuntunan agama.

Ajarkan kepada anak hingga melekat kuat di hatinya seperti mengukir di atas batu. Jangan lupa !! ajarkan pula kepada anak sesuatu yang di larang menurut tuntunan agama & masyarakat umum.

Jauhkanlah !! anak agar takut untuk melakukan hal2 yang dilarang agama itu sperti takut kepada singa maupun ular.

Sebagai orang tua wajib hukumnya menjaga anak dari teman2nya yang jelek sikapnya. Karena itu merupakan pusat dari segala kerusakan.

Cara mendidik & melatih anak tidak ada perbedaan antara laki2 & wanita.
Dengan mendidik & melatih anak dengan baik maka akan menghasilkan anak yang baik & engkau akan menjadi seoramg yang berbahagia.

Seperti sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam 'Asakir & Imam ad-Dailami, artinya :
" Terdapat 4 hal yang termasuk kebahagiaan bagi seseorang, yaitu apabila istrinya adalah wanita yang shalichah, anak2nya adalah anak yang baik, teman berkumpulnya adalah orang2 yang shalich & rizekinya berada di daerahnya". (HR. Imam 'Asakir & Imam ad-Dailami).
Baca juga : Dua bacaan pengantar ke surga.
Cukup sekian & Terima kasih.
Salam, Tim ipendidikan.