Tujuh Kunci Pembuka Pintu Rizqi dan Tiga Kunci Sukses

Bismillahir rahmaanir rohim.

Wahai saudara-ku, carilah rezeki yang barokah dari Allah S.W.T. Ungkapan orang arab tentang barokah adalah albarakatu fi bukuriha (barokah ada pada waktu pagi).

Foto; Ilustrasi seorang sedang mencari rezeki (Alvian T S/iPendidikan.com).

Pernah diceritakan dalam sebuah hadits bahwa Rosul S.A.W pulang dari sholat subuh di masjid nabawi, beliau mendapati fatimah (putri nabi) masih dalam keadaan tidur, beliau menggerakkan badan putrinya, lalu bersabda :
"Wahai anakku, bangunlah...saksikan rezeki Tuhan-Mu & janganlah kamu termasuk orang yang lalai karena Allah S.W.T memberi rezeki kepada hamba-Nya, antara terbit fajar dengan terbit matahari". (HR. Ahmad & al-baihaqi)

Berikut tujuh pintu pembuka rizqi :



1. Kunci Bertaubat.

Segala puji bagi Allah yang berfirman :
" Maka aku katakan kepada mereka : 'Mohonlah ampun kepada tuhanMu, sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan dengan lebat, Dan membanyakkan harta & anak-anakmu, Dan mengadakan untukmu kebun-kebun & mengadakan untukmu sungai-sungai." (QS. Nuh : 10-12)
Taubat bukan seperti taubatnya seorang ketika makan sambal, tetapi benar2 dengan penuh kesungguhan dengan tidak mengulangi & menyesali perbuatannya serta bertekad untuk tidak mengulanginya lagi.

2. Kunci Sedekah.

Rizki / nafkah yang keluarkan untuk bersedekah harus didapatkan dengan cara yang halal serta dengan yang baik. Allah berfirman, 
"Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tuhuh butir. Di setiap butir ada seratus biji. Allah melipat gandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha luas kurnianya lagi Maha mengetahui." (QS. Al-Baqarah : 261)
Sedangkan dalam surat Saba' ayat 39, Allah berfiman :
"Katakanlah !! Sesungguhnya Rabbku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba & menyempitkannya. Dan barang apa saja yang engkau nafkahkan, maka Allah akan menggantinya & Dialah pembeei rezki. Dan barang apa saja yang engkau nafkahkan maka Allah akan menggantinya & Dialah pemberi rizki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba' : 39)
Wahai saudara-ku, jangan kamu takut miskin akan bersedekah karena Allah.

3. Kunci Takwa.

Takwa adalah merasa takut kepada Allah & bersikap berhati-hati karena merasa Allaj selalu mengawasinya agar tidak melanggar apa yang dilarang-Nya & menjalankan apa yang diperintahkan-Nya. Segala puji bagi Allah yang berfirman:
"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar & memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Al-Thalaq : 2-3)

4. Kunci Tawakal.

Seperti yang dijelaskan pada surat al-thalaq ayat 3 diatas. Dengan bertawakal kepada Allah maka engkau tidak akan pernah merasa kelaparan, seperti sabda Rasulullah, 
"Jika engkau bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, niscaya Allah akan memberikan kepada kamu rizki sebagaimana Dia berikan kepada burung, ia keluar pada waktu pagi dalam keadaan perut kosong pulang pada malam hari dengan perut kenyang." (HR. Musnad Ahmad)

5. Kunci Silaturrahmi.

Dengan memiliki tali kekeluargaan maka akan meluaskan rezeki & memanjangkan umur, walaupun ada perselisihan diantaranya dengan keluarganya. Rosulullah S.A.W bersabda :
" Barang siapa yang ingin Allah melapangkan rizki & dipanjangkan umurnya hendaklah menyambung silaturrahim." (HR. Shohih Bukhori)

6. Kunci Kasih Sayang.

Kasih sayang kepada yang miskin & lemah, seperti sabda Nabi S.A.W:
"Bukankah engkau diberikan pertolongan & rezeki karena ada hak di dalam rezeki tersebut atas orang-orang yang lemah dikalanganMu ?." (HR. Shohih Bukhori)

7. Kunci Berhijrah.

Berhijrah di jalan Allah. Segala puji bagi Allah yang berfirman :
" Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas & rezeki yang banyak." (QS. An-Nisa' : 100)

Sedangkan untuk mencapai kesuksesan gunakanlah tiga kunci ini, yaitu :
Siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil
(Man Jadda Wa Jada)
Siapa yang bersabar akan beruntung
(Man Shobaro Zafiro)
Siapa yang berjalan dijalur-Nya akan sampai
(Man Saro Darbi'Alaa Washola)
Dengan menggunakan 7 kunci pembuka rizqi & 3 kunci sukses semoga Allah senantiasa memberikan hidayah, kemudahan, serta keberkahan disetiap langkah dalam mencari karunia Allah S.W.T.
Baca juga : Dua bacaan pengantar ke surga.