Pendidikan Akuntansi di Indonesia

Hallo adik-adik tercinta, kali ini kita akan belajar bersama tentang pendidikan akuntansi.. tentunya sebelum membaca, kita berdo'a dulu yuk...

Di Indonesia gelar akuntansi diatur oleh Undang Undang no. 34 th 1954, menurut undang undang ini pendidikan untuk menjadi akuntan dilakukan melalui fakultas ekonomi ngeri yang telah mempunyai jurusan akuntansi. 
Dewasa ini ada 18 fakultas ekonomi universitas negri di indonesia yang memiliki jurusan akuntasi dan berhak untuk mengeluarkan akuntan.
Nah, Bagi fakultas perguruan tinggi swsta(atau perguruan tinggi negri tertentu lainnya) gelar akuntansi baru dapat di proleh apabila mereka telah lulus ujian negri akuntansi (UNA). Ujian ini diselenggarakan oleh Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ujian Negara Akuntansi dibagi dalam dua tahap, yaitu UNA Dasar dan UNA profesi. UNA dasar hanya dapat ditempuh oleh yang berpendidikan fakultas ekonomi swasta jurusan akuntansi yang minimal telah terdaftar pada kopertis. Di samping itu, UNA dasar dapat diikuti oleh mereka yang berpendidikan fakulta ekonomi negri jurusan akuntansi yang yang belum diakui oleh panitia ahli pertimbangan persamaan ijazah akuntan.
Kualifikasi minimal yang harus dipenuhi adalah bahwa yang bersangkutan sudah harus menempuh minimal 110 SKS , dengan indeks prestasi minimal 2,0 dan nilai rata rata minimal C untuk setiap mata kuliah akuntansi yang diujikan.
UNA dasar juga dapat ditempuh oleh calon peserta lulusan akademik akuntansi yang telah lulus uji negara. Mata kuliah yang di ujikan dalam UNA dasar meliputi :
  1. STATISTIK
  2. AKUNTANSI KEUANGAN
  3. AKUNTANSI BIAYA & AKUNTANSI MENEJEMEN
  4. MENEJEMEN KEUANGAN.

UNA profesi mencakupi mata ujian ujian
  • Auditting
  • Management control system
  • Teori Akuntansi
  • Akuntansi pemerintahan
  • Sistem akuntansi
  • Perpajakan.
UNA profesi dapat ditempuh oleh mereka yang telah lulus UNA dasar dan lulus ujian negara sarjana ekonomi jurusan akuntansi.
 Bagi lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi di luar negri yang bermaksud memperoleh gelar akuntan di indonesia, persyaratanya ditentukan oleh para panitia ahli pertimbangan persamaan ijazah akuntan.

Pendidikan akuntansi melalui fakultas ekonomi adalah pendidikan yang direncanakan untuk mendapat gelar “akuntan” sesuai dengan undang undang akuntansi no.34 tahun 1954.

Cukup sekian belajar kita hari ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.



Penulis: Dewi Unasari

0 Response to "Pendidikan Akuntansi di Indonesia"

Post a Comment