Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Hallo adik-adik tercinta khusunya kelas XII, kali ini kita akan belajar bersama tentang apa itu ideologi. Yuk,, ĺangsung saja...

Kata ideologi berasal dari bahasa latin (idea ; daya cipta sebagai hasil kesadaran manusia dan logos ; ilmu). Istilah ini diperkenalkan oleh filsuf perancis A. Destut de Tracy (1801) yang mempelajari berbagai gagasan (ide) manusia serta kadar kebenarannya . pengertian ini kemudian meluas sebagai keseluruhan pemikiran , cita rasa,serta segala upaya, terutama di bidang politik. Ideologi juga diartikan sebagai falsafah hidup dan pandangan dunia (dalam bahasa jerman disebut Weltanshauung ).

Biasannya, ideologi selalu mengutamakan asas-asas kehidupan politik dan kenegaraan sebagai satu kehidupan nasional yang berarti kepemimpinan. Berikut ini beberapa pengertian idiologi.

Pengertian Ideologi

Desult de Tracy
Ideologi adalah bagian dari filsafah yang merupakan ilmu yang mendasari ilmu-ilmu lain seperti pendidikan,etika,politik,dan sebagainnya.

Laboratorium IKIP Malang
Ideologi adalah seprangkat nilai,ide,dan cita-cita,serta pedoman dan metode melaksanakan / mewujudkannya.

Kamus Ilmiah Populer
Ideologi adalah cita-cita yang merupakan salah satu dasar sistem politik,paham,kepercayaan,dan seterusnya (ideologi sosialis,ideologi islam,dan lain-lain)

Moerdiono
Ideologi adalah kompleksitas pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi ladasan bagi seorang (masyarakat) untuk memahami jagat raya dan bumi seisinnya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

Encydopedia Internasional
Ideologi adalah “system of ideas,belief,and attitude which underline the way of live in particular group,class or society “.(sistem gagasan ,keyakinan,dan sikap yang mendasari cara hidup suatu klompok,kelas,dan masyarakat tertentu.

Prof. Padmo Wahyono,SH
ideologi diberi makna sebagai pandangan hidup bangsa,falsafah hidup bangsa,yang berupa seprangkat tata nilai yang dicita citakan dan akan direalisasikan di dalam kehidupan berkelompok . ideologi ini akan memberikan stabilitas arah dalam hidup berkelompok dan sekaligus memberikan dinamika gerak menuju apa yang di cita-citakan.

Dr. Alfian
Ideologi adalah suatu cara pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yan sebaiknya ,yaitu secara moral dianggap benar dan adil mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

Dari pendapat pendapat tersebut di atas, hal yang harus dipahami yaitu bahwa suatu ideologi umumnya mewujudkan pandangan khas tentang pentingnya kerjasama antar manusia dalam kerja, hubungan manusia dengan kekuasaan (politik negara). Sumber kekuasaan bagi penguasa dan tingkat kesedrajatan antar manusia.

Jadi ideologi secara harfiah berarti ilmu tentang gagasan atau cita-cita. Dalam pengertian sehari-hari idea disamakan artinya dengan cita-cita. Cita-cita yang dimaksut adalah cita-cita yang bersifat tetap dan harus dicapai sehingga cita cita itu merupakan dasar,pandangan/paham. Hubungan manusia dengan cita-citannya dinakan ideologi. Dengan demikian,ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide,pengertian dasar,gagasan,dan cita-cita dari manusia.

Cukup sekian pembahasan tentang ideologi, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Terima kasih. Salam dari Tim iPendidikan.com


Penulis: Dewi Una Sari

1 Response to "Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli"