Pengertian Iman kepada Hari Akhir

Hallo adik-adik tercinta, kali ini kita akan belajar bersama tentang pengertian dari iman kepada hari akhir. Iman kepada hari akhir adalah salah satu rukun iman. Sebagai orang yang beriman kita wajib percaya akan adannya hari akhir atau kiamat. Pada dasarnnya hari kiamat di bedakan menjadi kiamat sugra dan kiamat kubra. Semua makhluk hidu didunia ini mengalami kiamat sugra atau kiamat kecil yaitu kematian.

Beriman kepada hari akhir/kiamat adalah suatu ketentuan akidah tidak bisa di tawar-tawar lagi. Iman merupakan podasi dasar untuk terwujudnya amaliyah-amaliyah yang dipengaruhi oleh keimanan tersebut, maka tidak mengherankan kalau seorang hamba berbuat dan beramal di luar rasio manusia karena atas keimanan mereka, untuk mendapatkan balasan di hari akhir nanti. Maka berbahagialah bagi hamba Allah yang antar rasio dan hatinnya selalu dibimbing hidayah Allah SWT. Sehingga apa yang mereka lakukan benar benar mendapatakan balasan yang haqiqi dari yang maha kuasa. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Hajj ayat 7.

Apabila hari akhir tiba maka segala sesuatu yang ada di dunia ini akan hancur,musnah semuannya,kecuali hanya Allah Swt. Karena Allah Swt. Adalah kekal abadi ,tidak mengalami mati, dan tidak akan binasa selama lamannya. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran surah Ar-Rahman 26 dan 27.

Berulang kali Allah Swt. Menjelaskan dalam Al-Quran tentang kejadian hari akhir. Di antara ayat- ayat alquran yang menjelaskan kejadian hari akhir, yaitu sebagai berikut :

  1. Surrah Al-infitar ayat 1-3. Surah Al-infitar ayat 1-3 menjelaskan bahwa jika hari akhir tiba langit terbelah,bintang bintang jatuh berserakan, air laut meluap.
  2. Surat At-Takwir ayat 1-6. Surat At-Takwir ayat 1-6 menjelaskan bahwa jika hari akhir tiba matahari digulung, bintang bintang berjatuan , air laut dipanaskan.
  3. Surah Al-Zalzalah ayat 1-2. Surah Al-Zalzalah ayat 1-2 dijelaskan bahwa jika hari kiamat datang bumi digoncang dan seluruh isi bumi diuntahkan.
  4. Surah Taha ayat 15. Dalam surah Taha ayat 15 dijelaskan bahwa jika hari kiamat datang semua amal perbuatan manusia di kala hidupnya di dunia akan di balas. Dan kejadian hari kiamat itu dirahasiakan waktunnya.




Penulis: Dewi Una Sari

0 Response to "Pengertian Iman kepada Hari Akhir"

Post a Comment