Perilaku Toleransi Antar Umat Beragama dan Kepercayaan dalam Kehidupan

Hallo adik-adik tercinta, kali ini kita akan belajar bersama tentang perilaku toleransi antar umat beragama dan kepercayaan dalam kehidupan. Yuk langsung saja kita mulai.

Bermasyarakat

Berbagai sikap tidak toleran dapat terjadi dalam masyarakat multikultural atau masyarakat majemuk seperti Indonesia. Perbedaan suku bangsa , budaya , adat istiadat , dan agama dapat memicu ketidaktoleranan tersebut. Sikap primodialisme atau sikap kesukuan berlebihan dan sikap menganggap ajaran agamannya yang paling benar merupakan sikap sikap yang paling sering memicu ketidaktoleran tersebut. Di beberapa tempat atau daerah perbedaan agama sering menjadi pemicu utama terjadinnya konflik dan tindak kekerasan di daerah daerah tersebut.

Oleh karena itu, sikap toleransi antar umat beragama dan kepercayaan perlu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Sikap toleransi diperlukan untuk mencegah terjadinnya konflik yang sangat merugikan masyarakat.

Selain itu , sikap tidak toleran antar antar umat beragama tentu sangat berbahay dan dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Bahkan tidak sedikit daerah yang mengalami konflik berkepanjangan akibat sikap tidak toleran tadi . sikat tidak toleran antar umat beragama dan kepercayaan dalam masyarakat juga dapat menimbulkan sikap-sikap negatif berikut ini.

  • Tidak suka hidupnya berdampingan dengan klompok lain yang berbeda agama, kepercayaan, dan suku bangsa.
  • Tidak suka bertetangga dengan umat agama dan kepercayaan lain yang berbeda.
  • Tidak merasa nyaman hidup bersama dengan agama dan kepercayaan lain.
  • Memicu sikap toleran terhadap penggunaan kekerasan sebagai jalan untuk menyelesaikan perbedaan keyakinan agama.
  • Menolak pembangunan rumah ibadah agama lain di lingkungannya .


Sikap – sikap negatif tersebut tentu menimbulkan dampak yang tidak baik bagi masyarakat. Ketidakharmonisan dan konflik akan terus membayangi kehidupan masyarakat apabila kita tidak memiliki sikap tidak toleran tersebut. Dapatkah kamu menyebutkan sikap tidak toleran lain lagi ? solusi apakah yang harus dilakukan agar sikap toleran tersebut tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat kita ? sikap toleransi apakah yang perlu diterapkan dalam masyarakat agar tidak terjadi perpecahan dalam masyarakat ? agar kamu dapat melihat dan memahami prilaku toleransi antar umat beragama dan kepercayaan dalam kehidupan masyarakat.


Nah, cukup sampai disini pembahasan tentang perilaku toleransi antar umat beragama dan kepercayaan dalam kehidupan. Bila artikel ini bermanfaat jangan lupa like dan share ke temen-temenmu.
Terima kasih. Salam dari Tim iPendidikan.com



Penulis: Dewi Una Sari

0 Response to "Perilaku Toleransi Antar Umat Beragama dan Kepercayaan dalam Kehidupan"

Post a Comment