Bukti Bukti Evolusi

Dear adik-adik tercinta, kali ini kita akan belajar materi kelas XII yaitu tentang bukti bukti evolusi. Yuk langsung saja.

Evolusi adalah proses satu arah dalam waktu yang tidak dapat terbalikan (irreversibel) untuk menghasilkan sesuatu yang baru dimana keanekaragaman dan tingkat organisasinya lebih tinggi.

Bukti – bukti yang mendukung teori evolusi meliputi:

1. Adanya variasi individu dalam satu keturunan.

Tidak ada individu yang identik sama. Perbedaan ini ditunjukan dengan adanya perbedaan warna,ukuran,berat,kefalaan dan kebiasaan dll. Jadi antara individu dalam satu spesies terdapat variasi. Variasi ini terjadi karena pengaruh berbagai factor seperti suhu,tanah,makanan dll.

2. Pengaruh penyebaran geografis.

Ilmu yang mempelajari penyebaran geografis tanaman + hewan disebut Biogeografi. Sebaran tanaman dan hewan dapat luas bila tidak melewati penghalang yang memisahkan antara habitat ( barier) misalnya pegunungan,lautan,dll. Dengan demikian spesies yang sama jarang menghuni lingkungan habitat yang identik yang dipisahkan barier.

3. Fosil sebagai catatan sejarah evolusi makhluk hidup.

Ilmu yang mempelajari tentang fosil disebut palaentologi.

Fosil : Merupakan sisa-sisa hewan atau tumbuhan yang telah membantu dan banyak ditemukan pada batuan sedimen.
  • Leonardo da Vinci mengatakan bahwa fosil merupakan bukti adanya makhluk hidup di masa lampau.
  • George Curvier mengatakan bahwa fosil disetiap lapisan bumi berbeda-beda hal ini karena pada masa tertentu telah diciptakan makhluk hidup yang berbeda dari masa ke masa yang diakhiri dengan kehancuran . paham ini disebut Kataklisma.
  • Charles Darwin mengatakna bahwa deretan fosil yang terdapat di batuan muda berbeda dengan yang terdapat pada batuan yang lebih tua yang merupakan leluhur dari bentuk kehidupan pada lapisan berikutnya. Perbedaan ini disebabkan adanya perubahan perlahan-lahan.

Pada umumnya fosil ditemukan tidak selalu utuh,kadang kadang hanya bagian tubuh tertentu misalnya tulang dan gigi.

Ketidak lengkapan fosil ini disebabkan olek faktor faktor sebagai berikut :
  • Aktivitas organisme pengurai
  • Aktivitas geologis kulit bumi
  • Pelapukan oleh cuaca dan air
  • Dimakan oleh organisme lain
Sedangkan fosil yang di temukan lengkap misalnya fosil kuda yang ditemukan oleh Marsh dan Osborn dari Amerika (1874).perubahan yang terjadi dari jenis kuda pertama (eohippus) sampai kuda modern (equus).



Penulis: Dewi Una Sari

0 Response to "Bukti Bukti Evolusi"

Post a Comment