Jejak Sejarah yang Terjadi Pada Masa Lampau Dalam Folklor, Mitologi, Legenda, Dongeng, Upacara, dan Nyanyian Rakyat di Berbagai Daerah

IPENDIDIKAN.com - Terdapat beberapa hal yang bisa membantu menemukan jejak2 sejarah yang telah terjadi pada masa lampau, misalnya folklor, mitologi, legenda, dongeng, upacara, & lagu2 daerah Indonesia maupun nyanyian rakyat.

Jejak Sejarah yang Terjadi Pada Masa Lampau

Folklor.

Folkor berasar dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata folk & lore. Folk adalah sekelompok orang yang mempunyai ciri2 pengenal fisik, sosial, & kebudayaan sehingga dapat dibedakan dari kelompok lainnya. Sedangkan lore adalah tradisi folk, yaitu sebagian kebudayaan yang diwariskan dengan cara turun-temurun dengan cara lisan maupun lewat sesuatu.

Dear sobat, coba jelaskan apa yang di maksud dengan folklor menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Folklor menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah adat istiadat tradisional & cerita rakyat yang diwariskan secara turun-temurun, tetapi tidak dibukukan.

Ahli folklor pertama di Indonesia adalah James Dananjaya yang menekuni ilmu folklor sejak belajar di Universitas California Berkeley pada tahun 1969.

Seorang ahli folklor dari Amerika serikat yaitu Jan Harold Brunvand membagi folklor ke dalam tiga kelompok besar berdasarkan tipenya, yaitu folklor lisan, folklor sebagian lisan, & folklor bukan lisan.

Folklor lisan merupakan folklor yang bentuknya murni lisan. Folklor jenis ini dikenal juga sebagai fakta mental. Coba sobat sebutkan hal-hal yang termasuk dalam folklor lisan?

Berikut hal2 yang termasuk dalam folklor lisan yaitu sebagai berikut:

  • Bahasa rakyat.
  • Ungkapan tradisional.
  • Pertanyaan tradisional.
  • Sajak & puisi rakyat.
  • Cerita prosa rakyat.
  • Nyanyian rakyat.

Mitologi.

Mitologi adalah ilmu yang mempelajari kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, & makhluk halus dalam suatu kebudayaan.

Di Indonesia terdapat dua mitologi yang berkembang yaitu mitologi asli Indonesia & mitologi yang berasal dari luar negeri.

Legenda.

Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang empunya cerita sebagai sesuatu yang benar2 terjadi.

Menurut Jan Harold Brunvard, bahwa legenda dapat dibagi menjadi empat kelompok yaitu legenda keagamaan, legenda alam gaib, legenda perorangan, & legenda setempat.

Dongeng.

Dongeng adalah cerita pendek kolektif kesusastraan lisan.
Di Indonesia dongeng dibagi menjadi dua macam, yaitu dongeng binatang & dongeng biasa.

Upacara.

Upacara adalah rangkaian tindakan yang terikat pada aturan2 tertentu (adat istiadat, agama, & kepercayaan).

Di Indonesia adat & tata cara penguburan jenazah berbeda-beda, bergantung pada adat istiadat suku bangsa tersebut yang juga dipengaruhi oleh kepercayaan maupun agama yang dianut oleh suatu masyarakat.

Berikut beberapa cara penguburan jenazah di Indonesia adalah:

  • Dibiarkan hancur di alam terbuka.
  • Disimpan di gua maupun di bangunan khusus.
  • Dibakar (kremasi).
  • Dikuburkan segera pada hari kematian.

Selain upacara penguburan di Indonesia juga terdapat jenis upacara lainnya salah satunya adalah upacara pengangkatan kepala suku.

Dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan, kedudukan seorang kepala suku sangatlah penting. Berikut merupakan syarat untuk menjadi seorang kepala suku yaitu seseorang harus mempunyai kekuatan, keahlian, pengalaman, maupun pengaruh yang lebih dari pada dengan orang lain.

Nyanyian Rakyat.

Nyanyian rakyat menurut Jan Harold Brunvard, merupakan salah satu genre ataupun bentuk folklor yang terdiri dari kata2 (teks) & lagu yang beredar secara lisan di antara anggota kolektif tertentu, berbentuk tradisional, & memiliki banyak varian.

Nyanyian2 rakyat yang terdapat di masyarakat mempunyai beberapa fungsi.

Berikut fungsi nyanyian rakyat adalah:

  • Mengungkapan suatu bentuk proses sosial terhadap ketidakadilan dalam masyarakat maupun negara bahkan dunia.
  • Sebagai pelipur lara, permainan anak, & untuk menidurkan.
  • Membangkitkan semangat.
  • Memelihara sejarah setempat & klan.

Nyanyian rakyat di Jawa Tengah & di Jawa Timut disebut gending.

0 Response to "Jejak Sejarah yang Terjadi Pada Masa Lampau Dalam Folklor, Mitologi, Legenda, Dongeng, Upacara, dan Nyanyian Rakyat di Berbagai Daerah"

Post a Comment