Teori-Teori Yang Mengungkapkan Tentang Terbentuknya Jagat Raya

iPendidikan.com - Teori keadaan tetap yang Ditetapkan Oleh Fred Hoyle menjelaskan bahwa zat baru selalu diciptakan dalam ruang angkasa di antara beberapa galaksi sehingga galaksi baru akan terbentuk menggantikan galaksi lama yang telah menjauh. Zat baru yang dimaksud adalah hidrogen, dimana zat tersebut merupakan sumber dari bintang & galaksi. Zat baru ini mengisi ruang kosong yang muncul dari pengembangan jagat raya.

jagat raya

Apa yang Menjadi pusat jaga raya berdasarkan anggapan geosentris?

Geosentris adalah anggapan yang menyatakan bahwa bumi merupakan pusat semesta alam. Semua benda langit mengelilingi bumi & semua kekuatan alam terpusat di bumi.

Adapun beberapa ahli yang mendukung anggapan geosentris diantaranya adalah Anaximander, Aristoteles, Plato, Socrates, & Thales.

Semakin majunya alat untuk penelitian & sifat ilmuwan yang semakin kritis, menyebabkan bergesernya anggapan geosentris.

Pandangan heliosentris dianggap sebagai pandangan yang revolusioner yang menempatkan matahari sebagai pusat alam semesta.

Pada tahun 1507, Nicolaus Copernicus adalah seorang mahasiswa kedokteran, ilmu pasti, & astronomi menulis buku De Revolutionibus Orbium Caelestrium (tentang revolusi peredaran benda2 langit) mengemukakan bahwa matahari merupakan pusat jagat raya yang dikelilingi planet2, bahwa bulan mengelilingi bumi & bersama-sama mengitari matahari, & bahwa bumi berputar ke timur yang menyebabkan siang & malam.

Di dalam jagat raya terdapat banyak sekali benda-benda angkasa diantaranya adalah bintang & galaksi.

Dear sobat, coba jelaskan apa yang dimaksud dengan bintang & galaksi?

Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahaya & panas sendiri. Bintang terbentuk dari kabut debu & gas yang sangat besar yang disebut nebula. Berdasarkan volumenya, bintang yang terdapat di jagat raya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bintang raksasa, bintang sedang, & bintang kerdil.

Ukuran bintang tidak hanya tentang besarnya saja, tetapi juga berdasarkan magnitudonya. Magnitudo adalah derajat kekuatan sinar bintang.

Kaitan besarnya magnitudo dengan tingkat kekuatan sinar bintang adalah semakin kecil magnitudo suatu bintang makin terang cahaya bintang tersebut.

Galaksi adalah kumpulan planet, gas, bintang, nebula, debu, & benda2 langitnya di dalam ruang hampa jagat raya.
Ciri-ciri galaksi adalah sebagai berikut:
  • Galaksi memiliki bentukan tertentu, misalnya bentuk elips, spiral, spiral berpalang, & bentuk tak beraturan.
  • Sumber cahaya berasal dari galaksi itu sendiri & bukan merupakan cahaya pantulan.
  • Galaksi2 lainnya dapat terlihat berada di luar galaksi Bimasakti.
  • Antara galaksi satu & yang lain memiliki jarak jutaan tahun cahaya.

Coba sebutkan jenis galaksi yang mempunyai bentuk tak beraturan !

Galaksi tak beraturan ini tidak memiliki bentuk khusus. Anggota dari galaksi ini terdiri dari tipe bintang2 muda & tua. Contohnya adalah Awan Magellan Besar & Awan Magellan Kecil, dua buah galaksi tetangga terdekat Bimasakti yang cuma berjarak sekitar 180 ribu tahun cahaya dari Bimasakti.

Adapun beberapa galaksi yang diketahui oleh manusia diantaranya adalah galaksi bimasakti, galaksi mata hitam, galaksi jauh, galaksi magellan, & galaksi andromeda.

Galaksi Bimasakti ditemukan pada tanggal 18 juli 1783 oleh William Hershel yaitu seorang astronom Inggris. Galaksi bimasakti terdiri dari 400 miliar bintang, dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya.

Posisi galaksi Magellan merupakan galaksi yang paling dekat dengan galaksi Bimasakti jika dibandingkan dengan galaksi-galaksi lainnya.

Coba sekarang kalian jelaskan tentang galaksi Andromeda?

Galaksi Andromeda berbentuk spiral & berjarak kurang lebih 2 juta tahun cahaya dari Bimasakti. Pusat galaksi tidak terurai menjadi bintang2 yang terpisah & inti pusat galaksi sangat terang & berwarna putih, disekitarnya terdapat gugus bintang yang telah tua & berwarna merah jambu.