Karya Seni Rupa Terapan Daerah Beserta Soal

IPENDIDIKAN.com - Karya seni rupa dibagi menjadi dua berdasarkan pada fungsinya, yaitu karya seni rupa murni & karya seni rupa terapan.

Karya seni rupa terapan dibuat dengan pertimbangan utama untuk memenuhi fungsi praktis (kegunaannya). Sedangkan karya seni rupa murni dibuat dengan tujuan untuk dapat dinikmati keindahan & keunikannya saja tanpa harus mempertimbangkan fungsinya.

Dear sobat, coba jelaskan apa yang anda ketahui tentang karya seni rupa terapan?!

Hmm, bingung ya... ya sudah kita bahas bareng-bareng yuk...

Karya seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang mengacu kepada karya-karya yang di buat untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehari-hari, sehingga dalam pembuatan karya2 seni rupa terapan lebih menekankan kepada fungsi serta kemudahan produksi.

Karya seni rupa terapan dibagi menjadi dua, yaitu seni desain & seni kriya.

Dalam seni desain mempelajari rancangan & pembuatan pola sebuah benda, sedangkan seni kriya merupakan aplikasi ke dalam pembuatan karya yang membutuhkan kecakapan yang tinggi.

Bagaimana pengaruh kedatangan bangsa-bangsa asing terhadap perkembangan karya seni kriya di Indonesia?

Pengaruh kedatangan bangsa2 asing seperti Arab, Cina, India, & Eropa terhadap karya seni kriya tekstil tampak pada motif yang dihasilkan, diantaranya adalah:
  • Motif kaligrafi arab dipengaruhi oleh budaya dari timur tengah.
  • Motif mega mendung sebagai pengaruh dari budaya Cina.
  • Motif putri salju & cinderella dipengaruhi dari Eropa.
  • Seni kruistik sebagai pengaruh dari kebudayaan barat (Belanda).
  • Tradisi menghias kain dengan prada sebagai pengaruh dari budaya India.


Karya Seni Rupa Terapan Daerah

Kebanyakan karya seni kriya yang terdapat di Indonesia berupa kerajinan. Karya kriya asli Indonesia antara lain adalah kerajinan gamelan, topeng, kain batik, s3njata tradisional, perkakas dapur, & kerajinan wayang.

Keunikan karya seni rupa terletak pada motif juga terlihat pada teknik pembuatannya. Beberapa teknik teknik tersebut antara lain adalah teknik cor (cetak tuang), teknik mengukir, teknik anyam, teknik tenun, teknik membatik, & teknik membentuk.

Coba sobat jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik mengukir?


Teknik mengukir dipakai untuk membuat benda dari kayu, logam, & tulang, sebagai contoh kusen berukir, topeng, & bingkai foto.

Adapun jenis karya seni rupa terapan Nusantara dibagi menjadi empat berdasarkan bentuknya yaitu sebagai berikut:

  1. Seni kriya.
  2. S3njata tradisional.
  3. Rumah adat.
  4. Transportasi tradisional.


Samakah antara karya seni rupa terapan dengan seni kriya? Coba jelaskan!!

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa berbagai bentuk karya seni rupa terapan baik itu seni kriya ataupun desain, sering tampil dalam ide2 yang unik. Keunikan ini bisa dari perpaduan unsur lama ke dalam desain baru ataupun memang benar2 merupakan unsur baru yang belum pernah diciptakan sebelumnya.

Jadi, sobat dapat menyimpulkan sendiri....

Sekarang coba sobat sebutkan contoh hasil karya seni rupa terapan dari daerah anda serta jelaskan pada bahan & teknik yang dipakai. (Ditulis di kolom komentar ya).

0 Response to "Karya Seni Rupa Terapan Daerah Beserta Soal"

Post a Comment