Kelangkaan Sumber Ekonomi Beserta Soal

IPENDIDIKAN.com - Kelangkaan dapat juga diartikan sebagai keadaan dimana jumlah sumber daya yang ada dirasakan tidak cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Kelangkaan tidak hanya bearti segala sesuatu yang dipakai untuk dapat memenuhi kebutuhan yang sulit diperoleh, tetapi juga diartikan sebagai kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas serta jumlah kebutuhan hidup yang tak terbatas.

Kelangkaan muncul karena kebutuhan manusia yang terus menerus bertambah.

Pokok inti permasalahan ekonomi umumnya sama yaitu cara manusia memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka ragam dihadapkan dengan ketersediaan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas.

Faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan adalah keterbatasan sumber daya, perbedaan letak geografis, ketidakseimbangan antara pertumbuhan penduduk dengan tingkat produksi, lambatnya perkembangan teknologi, rendahnya kemampuan produksi, serta terjadinya bencana alam.

Intisari dari pengalokasian sumber daya adalah efisiensi & pemerataan.

Sumber daya terdapat beberapa macam yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam, & sumber daya modal.

Kelangkaan yang terjadi menyebabkan tak terpenuhinya kebutuhan2 yang beragam oleh individu, perusahaan, maupun masyarakat sehingga memaksa untuk melakukan pilihan.

Pilihan yang dibuat akan menimbulkan dikorbankannya pilihan lain sehingga menimbulkan biaya peluang. Jadi dapat disimpulkan bahwa biaya peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil sebuah pilihan.

Contoh situasi yang menyebabkan timbulnya biaya peluang adalah sebagai berikut:

Setelah lulus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Afif mendapatkan dua tawaran pekerjaan. Tawaran yang pertama sebagai perawat di rumah sakit dekat rumahnya dengan gaji Rp. 1.000,000,- per bulan. Sedangkan tawaran yang kedua sebagai perawat di sebuah perusahaan di luar kota dengan gaji Rp. 3.000.000,- per bulan.

Selanjutnya....

Dengan beberapa pertimbangan, diantaranya ingin dekat dengan keluarga akhirnya Afif memutuskan untuk bekerja sebagai perawat di rumah sakit. Keputusan Afif memilih sebagai perawat di rumah sakit menghilangkan peluang sebagai perawat di perusahaan yang sebenarnya memberikan pendapatan yang lebih besar.

Dengan demikian, biaya peluang yang muncul dengan memilih sebagai perawat di rumah sakit adalah bekerja sebagai perawat di perusahaan dengan gaji Rp. 3.000.000,-


Apabila terjadi kelangkaan sumber daya bearti tidak semua kebutuhan dapat terpenuhi, oleh sebab itu manusia harus menentukan pilihannya. Pilihan yang dibuat adalah keputusan ekonomi yang harus diambil agar dapat memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas sebagai akibat dari sumber daya yang terbatas.

Dear sobat, bagaimana cara mengatasi masalah dalam menetapkan pilihan,baik individu, perusahaan, ataupun negara?

Untuk mengatasi masalah bagaimana menetapkan pilihan baik individu, perusahaan, maupun negara mempunyai cara yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut:

Konsumen (individu).
konsumen dapat membuat daftar urutan barang2 yang dibutuhkan sesuai dengan kepuasan yang sebesar-besarnya dari sumber pendapatan (keuangan yang tersedia).

Pemilik perusahaan.
Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal harus memperhatikan hal2 berikut ini:
  • Jenis barang maupun jasa banyak mendatangkan keuntungan.
  • Kombinasi jenis & jumlah faktor produksi yang akan meminimalkan biaya produksi.
Negara.
Untuk dapat menciptakan kesejahteraan yang setinggi-tingginya, maka semua sumber daya yag dimiliki harus dikelola & dialokasikan dengan sebaik & seefisien mungkin.


Kelangkaan Sumber Ekonomi Beserta Soal
Foto: Ilustrasi tenaga kerja (Alvian T S/IPENDIDIKAN.com).

Dalam sebuah produksi, biaya peluang seringkali muncul pada penggunaan tenaga kerja.
Tenaga kerja yang digunakan dalam proses produksi mempunyai keterbatasan dalam hal waktu, kesempatan, & keahlian.

Biaya peluang pada tenaga kerja merupakan nilai dari kesempatan kerja untuk memproduksi sebuah barang yang harus dikorbankan sebagai akibat dari memilih kesempatan untuk memproduksi barang lain.

0 Response to "Kelangkaan Sumber Ekonomi Beserta Soal"

Post a Comment