Kebutuhan Manusia Beserta Soal

IPENDIDIKAN.com - Pada dasarnya kebutuhan berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia karena untuk dapat mempertahankan hidup, maka manusia harus dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Pengertian Kebutuhan.

Dear sobat, apakah kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan kebutuhan?

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup agar dapat mencapai taraf hidup sejahtera.

Faktor Kebutuhan Manusia.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia tidak terbatas yaitu sebagai berikut:
  • Sifat alami manusia.
  • Faktor lingkungan.
  • Akulturasi budaya.
  • Tingkat pendapatan.
  • Lingkungan sosial.
  • Perdagangan internasional.
  • Kemajuan teknologi informasi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia yaitu sebagai berikut:
  • Keadaan alam.
  • Peradaban.
  • Agama.
  • Adat istiadat.

Macam Kebutuhan Manusia.


Kebutuhan menurut intensitas kegunaannya.

Kebutuhan primer, yaitu kebutuhan yang wajib dipenuhi pada setiap orang demi kelangsungan hidupnya. Seperti makanan, pakaian, & tempat tinggal.

Kebutuhan sekunder, yaitu kebutuhan yang sifatnya hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok (primer). Seperti perabot rumah tangga, televisi, meja, & kursi.

Kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer & kebutuhan sekunder terpenuhi dengan baik. Seperti mobil mewah, berlian, & perhiasan.

Kebutuhan Manusia Beserta Soal
Foto: Ilustrasi perhiasan.

Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya.

Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan yang sifatnya mendesak & tidak dapat ditunda pemenuhannya. Seperti obat untuk orang sakit.

Kebutuhan masa depan (masa yang akan datang), yaitu kebutuhan yang pemenuhannya masih dapat untuk ditangguhkan pada waktu yang akan datang (masih dapat dipersiapkan dari sekarang tanpa menggangu kebutuhan sekarang). Seperti menabung untuk biaya pendidikan.

Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkan.

Kebutuhan individu, yaitu kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan kebutuhan seseorang secara pribadi. Seperti kebutuhan seorang pelajar akan buku pelajaran.


Kebutuhan kelompok, yaitu kebutuhan yang bermanfaat untuk pemenuhan secara umum (orang banyak). Seperti jembatan & jalan raya.

Tingkat Kebutuhan Manusia.

Tingkatan kebutuhan manusia menurut Abraham H. Maslow.
  1. Kebutuhan fisiologis (physiological needs).
  2. Kebutuhan rasa aman & perlindungan (safety & security needs).
  3. Kebutuhan sosial (sosial needs).
  4. Kebutuhan akan harga diri (esteem needs).
  5. Kebutuhan aktualisasi diri (self actualization needs).


Demi berlangsungnya hidup, manusia berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam melalui alat pemuas kebutuhan. Alat pemuas tersebut berupa barang maupun jasa.

Macam-macam barang sebagai alat pemuas kebutuhan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Dari segi cara memperoleh.

Barang ekonomi, yaitu barang yang jumlahnya terbatas & untuk mendapatkannya membutuhkan pengorbanan (biaya, waktu, maupun tenaga).

Barang bebas, yaitu barang yang tersedia dalam jumlah yang berlimpah melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya sinar matahari & udara.

Barang illith, yaitu barang yang apabila jumlahnya berlebihan dapat membahayakan & mendatangkan bencana. Contohnya seperti air bila jumlahnya sedikit dapat berguna dalam kehidupan manusia, tetapi bila jumlahnya berlebihan dapat menimbulkan banjir.


Dari segi cara penggunaan.

Barang konsumsi, yaitu barang yang dapat langsung digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Barang produksi, yaitu barang yang digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia secara tak langsung.

Dari segi hubungannya dengan barang lain.

Barang substitusi, yaitu barang yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi barang lain. Misalnya telur untuk menggantikan daging, singkong untuk menggantikan beras, daun pisang untuk menggantikan kertas pembungkus.

Barang komplementer, yaitu barang yang sifatnya sebagai pelengkap bagi kegunaan barang lain. Misalnya mobil dengan bensin, kopi dengan gula, pulpen dengan tinta.


Dari segi proses pembuatan.

Barang mentah, yaitu barang yang belum dapat digunakan tanpa pengolahan terlebih dahulu. Misalnya bijih besi sebagai bahan mentah pembuatan besi.

Barang setengah jadi, yaitu barang yang dapat digunakan sebagai barang konsumsi akhir maupun sebagai bahan baku produksi. Misalnya benang untuk menjahit maupun sebagai bahan baku tekstil.

Barang jadi, yaitu barang yang siap untuk dikonsumsi langsung. Misalnya sepatu & pakaian.


Suatu barang diperlukan manusia apabila barang tersebut dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tetapi apabila tidak diperlukan maka barang tersebut tidak memiliki nilai guna bagi seseorang.

Pada umumnya kegunaan barang dapat digolongkan menjadi enam yaitu sebagai berikut:

Form utility (kegunaan bentuk) yaitu suatu barang yang akan lebih berguna bila diubah dari bentuk asalnya. Contoh benang menjadi kain.

Place Utility (kegunaan tempat) yaitu suatu barang akan lebih berguna bila berada pada tempat yang tepat. Contoh pasir yang dipindahkan dari sungai ke toko bangunan.

Time utility (kegunaan waktu) yaitu suatu barang akan bermanfaat bila digunakan pada waktu tertentu yang tepat. Contoh jas hujan dipakai pada saat hujan.

Service utility (kegunaan pelayanan) yaitu suatu barang yang akan bermanfaat bila dapat memberikan jasa. Contoh televisi akan berguna bila terdapat siaran.

Elementary utility (kegunaan dasar) yaitu peningkatan dari bahan dasar menjadi bahan jadi yang memiliki nilai guna yang lebih tinggi dibandingkan barang asalnya. Contoh kapas sebagai bahan dasar pembuatan benang & benang sebagai bahan dasar pembuatan kain.


Setiap barang maupun jasa dapat dikatakan bernilai jika memiliki kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Nilai suatu barang & jasa dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

Nilai pakai.

  • Nilai pakai objektif, yaitu kemampuan suatu barang karena barang & jasa tersebut dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia secara umumnya.
  • Nilai subjektif, yaitu nilai yang diberikan seseorang terhadap suatu jenis barang & jasa karena barang maupun jasa tersebut dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhannya.

Nilai tukar.

  • Nilai tukar objektif, yaitu kemampuan suatu barang & jasa agar dapat ditukarkan dengan barang maupun jasa jenis lain.
  • Nilai tukar subjektif, yaitu nilai yang berikan seseorang terhadap suatu barang & jasa karena bisa ditukar dengan barang maupun jasa lainnya untuk dapat memenuhi kebutuhan.

0 Response to "Kebutuhan Manusia Beserta Soal"

Post a Comment