Masalah Pokok Ekonomi Klasik dan Ekonomi Modern Beserta Soal

IPENDIDIKAN.com - Masalah-masalah pokok ekonomi klasik terdiri dari tiga yaitu masalah produksi, masalah distribusi, & masalah konsumsi. Sedangkan masalah-masalah pokok ekonomi modern terdiri dari beberapa yaitu barang & jasa apa yang ajan diproduksi (what), bagaimana barang & jasa diproduksi (how), & untuk siapa barang maupun jasa di produksi (for whom).

Masalah2 produksi harus dipecahkan oleh produsen, sebagai contoh cara produksi mana yang akan digunakan, dapatkah produsen memproduksi dengan efesien & hemat, sudahkah produsen memproduksi pada waktu yang tepat, & produksi apa yang dibutuhkan jika memasuki bulan puasa.

Dalam masalah distribusi harus diperhatikan apakah barang & jasa yang sudah dihasilkan dapat sampai kepada konsumen dengan cara yang tepat. Jalur distribusi yang terlalu panjang akan membuat harga barang menjadi lebih mahal. Misalnya untuk menyalurkan produk pati yang jumlahnya ribuan ton, tentu produsen tidak dapat memakai becak sebagai alat angkut. Produsen harus menggunakan truk-truk besar sebagai alat pengangkut.

Dalam masalah konsumsi berkaitan dengan pertanyaan apakah barang & jasa yang telah dihasilkan benar2 dapat dikonsumsi oleh masyarakat yang membutuhkan.

Barang & jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sangat banyak jenisnya sehingga seseorang produsen harus dapat menentukan pilihan2 jenis barang maupun jasa apa yang akan diproduksi & berapa jumlahnya.

Keputusan2 yang diambil harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikiab, pengalokasikan sumber daya alam dapat dilakukan dengan tepat.

Keputusan2 yang diambil produsen dalam memecahkan masalah what bertujuan untuk dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

Dear sobat, coba jelaskan masalah pokok ekonomi yang diperinci dengan pertanyaan how?


Masalah how berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan, sebagai contoh bagaimana proses produksi di lakukan, siapakah yang akan melaksanakan proses produksi, teknik apa yang akan digunakan dalam proses produksi, & sumber daya apa saja yang digunakan dalam proses produksi.

Pertanyaan2 tersebut diatas dimaksudkan agar terjadi efisiensi dalam penggunaan faktor2 dalam proses produksi.

Dalam pengambilan keputusan tentang bagaimana cara barang diproduksi produsen perlu mempertimbangkan faktor2 berikut:

Pilihan kombinasi sumber daya yang dipakai yaitu pemakaian sumber daya alam, manusia, & modal.

Perencanaan proses produksi untuk memperoleh keuntungan yang maksimal dengan biaya minimal.

Penentuan teknologi yang dipakai, kemungkinan yang dapat terjadi adalah intensifikasi tenaga kerja (padat karya) & intensifikasi modal (padat modal).

Pertimbangan faktor eksternal, misalnya harga, inflasi, & kurs valuta asing.

Masalah Pokok Ekonomi Klasik dan Ekonomi Modern Beserta Soal
Foto: Ilustrasi seorang tenaga kerja (Alvian T S/IPENDIDIKAn.com).

Coba sekarang jelaskan tentang masalah pokok for whom?

Masalah for whom (untuk siapa barang ataupun jasa diproduksi) terkait dengan sasaran distribusi barang maupun jasa.

Dari tulisan diatas coba sobat jelaskan apa manfaat dari pertanyaan what, how, & for whom dalam menyelesaikan masalah ekonomi. (tulis jawaban di kolom komentar ya).

0 Response to "Masalah Pokok Ekonomi Klasik dan Ekonomi Modern Beserta Soal"

Post a Comment