Amanah Rp. 7.000,- Juara 1 Lomba Cerpen Islami AGI 2014

iPendidikan.com - Adik-adik tercinta, kali ini kami akan berbagi cerita pendek berjudul "Amanah Rp. 7.000,-" di tulis oleh Hendra Rangga Permana dari PT. Auto 2000 Sutoyo Malang yang mendapatkan juara 1 pada lomba cerpen Astra Gema Islami (AGI) pada tahun 2014.
Foto: Ilustrasi uang Rp. 7.000,-
Suatu ketika.... Abdullah - Seorang teknisi datang dengan membawa selembar Perintah Kerja Bengkel (PKB) & memberikannya kepada saya. Saya pun segera mempersiapkan suku cadang yang ia butuhkan sesuai permintaan pada PKB tersebut.

10 menit kemudian, Abdullah datang kembali kepada saya. "Mas, packing olinya gak jadi dipasang... di batalkan saja ya.."Ucap Abdullah kepada saya.

"Memang kenapa Ab? " tanya saya kepada Abdullah untuk menggali alasannya. "Gak bisa dipake mas, soalnya yang terpasang di mobil sudah modifikasi" jelas Abdullah kepada saya.

MasyaAllah jujur sekali Abdullah ini, meski packing oli seharga Rp. 7.000,- saja ia kembalikan. Alhamdulillah masih ada rekan kerja yang sejujur Abdullah. Tapi saya masih penasaran & tidak berhenti menggali informasi dari alasan terakhir yang Abdullah jelaskan tadi. Saya pun bertanya kembali kepada Abdullah.

"Ab...pelanggarannya kan gak tahu kalau kamu gak ganti, harganya juga cuma Rp. 7000,- lagian kan sudah deal biaya-nya dengan rekan Service advisor? "Tanya saya untuk menggali lebih dalam alasan Abdullah.

"Meski sudah deal biaya mas...tapi kalau gak kepasang ya gak boleh dibebankan ke pelanggan. Kalau kita tetep pasang bearti kita mengambil hak yang seharusnya pelanggan dapat, artinya kita gak amanah sama pekerjaan kita." Jelas Abdullah sedikit panjang kepada saya.

Ooo..gitu ya Ab.."jawab saya sembari mengangguk. "Emang kamu disuruh Foreman buat mbatalkan packing oli itu Ab?" Saya pun masih melanjutkan pertanyaan.

Gak mas...ya memang kita kudu gitu..."jawab Abdullah singkat & saya pun melanjutkan proses pembatalan pembebanan atas packing oli tersebut.

Manfaat dari sikap amanah ini tentu tidak hanya dirasakan oleh pelanggan yang mendapatkan hak-nya secara utuh, namun juga bagi perusahaan yang tetap menjaga kredibilitasnya sehingga pelanggan berkenan untuk datang kembali menggunakan jasa kita. Tentu di balik tu semua ada balasan yang sungguh besar dari Allah Subhanahu wa Ta'ala yaitu pahala & keberkahan atas rizki yang ia terima.

Cerpen yang berjudul Amanah Rp. 7000,- ini sungguh dapat memberikan pembelajaran bagi kita semua terutama untuk selalu menjaga agar selalu amanah.

Adik-adik, contohlah perbuatan Abdullah dalam cerita pendek diatas agar dapat selalu menjaga kepercayaan orang lain.

Semoga cerpen diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Sampai jumpa lagi. Terima kasih. Salam, Tim iPendidikan.