Aspek Geografi

iPendidikan.com - Dear adik-adik, jangan lupa sebelum membaca materi kali ini berdo'a dulu ya....

Berdo'a selesai. Check it out...

Geografi dibedakan menjadi dua, yaitu geografi fisik & geografi manusia.

Geografi fisik mempelajari tentang aspek-aspek fisik, contohnya relief bumi, struktur batuan, air, iklim & cuaca, serta flora & fauna. Sedang pada geografi manusia mempelajari tentang aspek-aspek sosial, diantaranya adalah politik, sosial, budaya, & ekonomi. Kedua aspek ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari.

Iklim.

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam waktu satu tahun yang penelitiannya dilakukan dalam jangka waktu lama minimal 30 tahun serta meliputi wilayah yang luas.
Jenis ini yang beraneka ragam dapat berpengaruh pada mata pencaharian penduduk, sebagai contoh di tempat yang tingkat curah hujan yang tinggi serta memiliki tanah yang subur, cenderung penduduknya bermata pencaharian pada sektor agraris.

Di Negara Indonesia saja mempunyai dua musim yaitu musim kemarau & musim penghujan sehingga dapat mempengaruhi para petani dalam penggarapan lahannya.

Aspek geografi

Cuaca.

Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu & di wilayah tertentu yang relatif sempit serta pada jangka waktu yang singkat.

Terbentuknya cuaca dari gabungan unsur cuaca serta jangka waktu cuaca yang hanya beberapa jam saja sehingga kondisi cuaca dapat berbeda-beda untuk setiap tempat maupun setiap jamnya.

Di dalam kehidupan kita cuaca sangat berpengaruh terutama dalam bidang perhubungan seperti untuk kelancaran sarana tranportasi kapal laut ataupun pesawat terbang.

Vulkanisme.

Vulkanisme adalah peristiwa yang terjadi berhubungan dengan naiknya magma dari dalam bumi. Magma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair, liat, serta sangat panas yang berada di dalam perut bumi.
Vulkanisme berhubungan dengan aktivitas gunung api. Selain menyebabkan kerugian, aktivitas bumi juga memberikan keuntungan. Diantaranya daerah disekitar gunung api sangat subur sehingga dapat menetik hasil pertanian yang besar.

Relief bumi.

Relief bumi adalah tinggi rendahnya permukaan bumi. Relief bumi juga memengaruhi kehidupan manusia maupun tumbuhan.

Gempa bumi.

Gempa bumi adalah gerakan kulit bumi secara tiba-tiba yang dapat berakibat adanya patahan ataupun letusan gunung api yang diikuti serangkaian getaran yang dirambatkan hingga ke muka bumi.

Hingga saat ini manusia belum mampu untuk memastikan akan terjadinya gempa bumi sehingga hal yang terpenting adalah kewaspadaan untuk penyelamatan diri apabila terjadi bencana tersebut.

Efek yang dapat dihasilkan oleh gempa pada kehidupan dipermukaan bumi begitu luas, antara lain adalah:
  • Timbulnya gempa dapat membantu para arsitek dalam menentukan bentuk rumah serta memilih bahan yang tepat untuk membangun rumah yang tahan gempa.
  • Timbulnya gempa tektonik dapat membantu para ahli geologi dalam menentukan isi dari mineral litosfer.


Selain aspek fisik, aspek sosial juga dapat mempengaruhi kehidupan manusia diantaranya adalah penduduk, penyebaran penduduk, & mobilitas penduduk.

Penduduk, hal ini berhubungan dengan jumlah penduduk. Karena jumlah penduduk yang besar dapat menjadi pendukung maupun penghambat pembangunan.

Penyebaran penduduk, Salah satu masalah dinegara kita adalah penyebaran penduduk yang tidak merata karena dapat mengakibatkan tingkat pembangunan yang juga tidak merata.

Mobilitas penduduk, aspek yang di kaji adalah urbanisasi. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi dapat berpengaruh bagi daerah yang di tinggalkan maupun daerah tujuan. Daerah yang ditinggalkan akan kehilangan tenaga kerja yang produktif. Sedangkan untuj daerah tujuan dapat memunculkan permukiman yang kumuh.

Willian Kirk menyusun struktur lingkungan geografi menjadi dua aspek, yaitu aspek fisikal & aspek nonfisikal.

Aspek Fisikal.

  • Aspek fisikal geografi terdiri dari:
  • Aspek biotik, membahas tentang karakter fisik dari manusia, hewan, maupun tumbuhan.
  • Aspek nonbiotik, membahas tentang air, tanah, atmosfer (termasuk cuaca & iklim).
  • Aspek topologi, membahas tentang hal yang berkaitan dengan letak suatu wilayah, luas area, bentuk muka buminya, serta batas-batas wilayah yang memiliki ciri khas tertentu.

Aspek Nonfisik.

Berikut beberapa kajian pada aspek nonfisik adalah:
  • Aspek budaya, membahas tentang agama, bahasa, pendidikan, dsb...
  • Aspek ekonomi, membahas tentang perdagangan, pertanian, industri, dsb...
  • Aspek politik, membahas tentang pemerintah & kepartaian.
  • Aspek sosial, membahas tentang adat, tradisi, lembaga sosial, dsb...

Cukup sekian, semoga bermanfaat.
Terima kasih. Salam, Tim iPendidikan.