Objek Studi Geografi

iPendidikan.com - Dear adik-adik, kali ini kami akan membahas tentang objek pembelajaran geografi standar materi untuk kelas X semester 1.

Berdo'a mulai...

Berdo'a selesai.

Ilmu geografi seperti halnya dengan ilmu pengetahuan lainnya memiliki objek study serta ruang lingkup bahasan sendiri. Namun, ilmu geografi objek study & ruang lingkupnya berbeda dengan disiplin ilmu lainnya.

Ikatam Geografi Indonesia (IGI) sepakat bahwa objek studi geografi dibagi menjadi dua yaitu objek formal & objek material geografi.

A. Objek Formal Geografi.

Objek geografi adalah suatu cara pandang keruangan yang dituangkan dalam konsep-konsep geografi. Dalam mengkaji fenomena di muka bumi, & saling keterkaitan (interelasi & interaksi) antara satu fenomena dengan fenomena lainnya.

Metode objek formal geografi meliputi berbagai aspek, yaitu aspek ekologi (kelingkungan), regional (kewilayahan), spasial (keruangan), & aspek temporal (waktu).

  1. Aspek Kelingkungan, geografi yang membahas suatu tempat dalam kaitannya dengan suatu tempat serta komponen-komponen di dalamnya dalam satu kesatuan wilayah. Komponen -komponen itu terdiri dari komponen hidup seperti manusia, hewan, & tumbuhan, serta komponen yang tidak hidup seperti iklim, tanah, air dsb..
  2. Aspek Kewilayahan, geografi mempelajari tentang kesamaan & perbedaan wilayah serta wilayah dengan ciri khas. Sebagai contoh kawasan gurun, yaitu daerah-daerah yang memiliki ciri serupa sebagai gurun.
  3. Aspek Keruangan, geografi yang mempelajari tentang suatu wilayah diantaranya dari segi nilai suatu tempat dari beberapa kepentingan.
  4. Aspek Waktu, geografi membahas tentang perkembangan wilayah berdasarkan periode-periode waktu ataupun perkembangan & perubahan dari waktu ke waktu. Seperti perkembangan kota dari tahun ke tahun, dsb...


B. Objek Material Geografi.

Objek material geografi merupakan fenomena permukaan bumi yang terdiri dari litosfer (lapisan batuan), atmosfer (lapisan udara), antroposfer (manusia), tumbuhan).hidrosfer (bentang perairan) & biosfer (dunia hewan.

Biosfer tersebut membentuk lingkungan geografi meliputi dari komponen biotik & komponen abiotik, misalnya tanah, air, barang tambang, udara, dsb....

Antroposfer.

Antroposfer merupakan lingkungan manusia & kehidupannya di muka bumi. Dalam hal ini geografi mempelajari tentang persebaran keanekaragaman budaya & ragam fisik manusia dalam wilayah.

Atmosfer.

Atmosfer merupakan lingkungan udara yang menyelubungi bumi. Atmosfer terdiri dari berbagai macam gas & uap air yang sangat penting dalam ekosistem karena dengan cara langsung mempengaruhi organisme di permukaan bumi.

Biosfer.

Biosfer merupakan sistem kehidupan yang paling besar karena termasuk gabungan ekosistem yang terdapat di planet bumi.

Hidrosfer.

Hidrosfer merupakan lapisan air yang ada di dalam bumi, di permukaan bumi, serta di udara. Air dalam beberapa bentuk merupakan komponen ilmiah yang sangat penting bagi kehidupan di permukaan bumi. Dalam menjamin kelangsungan hidupnya air sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup.

objek study geografi

Litosfer.

Litosfer merupakan lapisan kulit bumi yang berada antara permukaan bumi sampai dengan kedalaman 1.200 km.


Cukup sekian adik-adik, semoga pembahasan kali dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih & sampai jumpa. Salam, Tim iPendidikan.