Prinsip Dalam Geografi

iPendidikan.com - Adik-adik, jangan lupa untuk berdo'a dulu sebelum belajar.

Berdo'a mulai....

Disiplin ilmu geografi mempunyai cakupan objek yang luas. Objek itu mencakup kejadian alam & manusia, serta keterkaitan antar keduanya. Berikut merupakan ciri-ciri dari geografi adalah:

  1. Geografi melihat ciri khas setiap daerah sehingga perbedaan maupun persamaan wilayah di muka bumi dapat untuk dilihat dengan jelas.
  2. Geografi melihat penyebarab manusia dalam ruang & bagaimana ruang dengan segala sumber dayanya.
  3. Geografi melihat permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia & lingkungan yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia.
  4. Dalam mempelajari setiap gejala ataupun fenomena, geografi selalu mengaitkan unsur jarak, letak, gerakan, interelasi, & regionalisasi.
Dalam setiap fenomena ilmu geografi menggunakan suatu prinsip unuk menganalisisnya. Prinsip dalam geografi ada 4, yaitu prinsip deskripsi, prinsip distribusi, prinsip korologi, & prinsip interelasi.

A. Prinsip Deskripsi.

Prinsip deskripsi ialah prinsip untuk dapat memberikan penjelasan lebih jauh tentang masalah yang sedang diselidiki. Deskripsi ini dipakai untuk dapat menjelaskan sebab-sebab interaksi & interelasi antara faktor yang satu dengan yang lainnya. Prinsip deskripsi tidak dapat di tinggalkan dalam kerangka kerja geografi.

B. Prinsip Distribusi.

Prinsip distribusi mengkaji gejala & fakta geografi baik yang berkaitan dengan alam maupun yang berkaitan dengan manusia yang tersebar di muka bumi. Penyebaran, gejala, & fakta geografi tidak merata di setiap wilayah.

Dengan melihat serta menggambarkan berbagai macam gejala & fakta geografi dalam peta, maka akan dapat mengungkapkan hubungan antara satu dengan yang lainnya. Kemudian dapat juga untuk memprediksi keadaan di kemudian hari. Pada pembelajaran geografi yang menjadi kunci utama adalah prinsip penyebaran karena dengan prinsip ini dapat juga dijelaskan prinsip-prinsip lainnya.

C. Prinsip Interelasi.

Prinsip interelasi ialah interelasi dalam ruang yang menyatakan bahwa saling berkaitan antara gejala satu dengan gejala lainnya ataupun antara faktor yang satu dengan faktor yang lainnya dalam setiap ruang tertentu.

Prinsip interelasi didasarkan pada hubungan antara satu gejala dengan gejala lainnya, atapun antara objek fisik yang satu dengan objek fisik yang lainnya, objek sosial yang satu dengan objek sosial yang lainnya, objek fisik dengan objek sosial.

Biar adik-adik tidak bingung, berikut ini berikan contohnya:

  • Faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, contohnya kaitan antara gunung berapi dengan sumber panas bumi.
  • Faktor manusia dengan faktor manusia lainnya, contohnya mengkaji tentang kehidupan di desa dengan jenis mata pencaharian.
  • Faktor fisik dengan faktor sosial, contohnya hubungan antara manusia dengan cara bertani pada lahan miring dengan membuat terasering.

D. Prinsip Korologi.

Prinsip korologi merupakan ciri dari geografi. Prinsip ini adalah perpaduan antar prinsip lainnya.

Pada prinsip korologi gejala, fakta, serta masalah dilihat penyebarannya, & interelasinya dalam ruang, & juga pada prinsip ini kajian setiap gejala yang terjadi pada setiap wilayah dicari penyebabnya. Mengapa gejala tersebut terjadi di wilayah tersebut? Faktor apa saja yang menyebabkannya?

Misalnya di negara kita banyak sekali dijumpai gunung berapi serta sering terjadi ge,pa bumi, maka dengan prinsip korologi akan dapat di kaji mengapa terjadi & juga dapat dijelaskan bagamana pula prosesnya.


Dengan kita mempelajari geografi maka akan dapat untuk mengetahui bahwa geografi menganalisis kondisi alam & kondisi manusia. Kondisi alam memiliki keadaan yang tidak sama dari masa ke masa. Sedangkan keadaan alam meliputi lingkungan & bentang alam.

Berikut unsur-unsur yang tercakup dalam lingkungan alam adalah:
  1. Proses-proses, misal proses erosi.
  2. Kekuatan, misal rotasi bumi.
  3. Unsur-unsur fisik, topologi, & biotik.
Kondisi manusia sendiri mengalami perubahan yang sangat cepat, sifatnya dinamis, serta kreatif. Kondisi manusia meliputi lingkungan sosial, bentang alam budaya, & masyarakat.

Dalam pembelajaran geografi sangat memperhatikan hubungan timbal balik antara alam dengan manusia secara menyeluruh.

Cukup sekian, apabila adik-adik ingin mengetahui lebih jauh tentang prinsip-prinsip dalam geografi dapat mengajukan pertanyaan pada form kontak yang sudah disediakan ataupun dapat ditanyakan kepada guru pengajar geografi anda.
Terima kasih. Salam, Tim iPendidikan.