Pengertian Geografi

iPendidikan.com - Dear adik-adik, sebelum memulai pelajaran jangan lupa berdo'a dahulu. Kali ini kita akan membahas tentang apa itu geografi. Langsung saja tanpa basa basi. Check it out...

Pengertian Geografi.

Pertama kali istilah geografi dikemukakan oleh Eratosthenes, yaitu geo bearti bumi & graphein yang berarti gambaran. Jadi definisi dari geografi adalah gambaran tentang bumi.

Dalam pembahasan geografi tidak hanya berhubungan dengan fisik alamiah bumi maupun bagian2 alam semesta yang berpengaruh pada bumi saja, tetapi juga meliputi semua fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik lingkungan fisik maupun sosial.

Sejak ada di muka bumi ini manusia memiliki pemahaman tentang bumi. Sejak lahir saja manusia memerlukan berbagai macam kebutuhan yang ada di bumi. Kebutuhan tersebut diantaranya adalah makanan, pakaian, udara yang bersih, serta pemukiman. Munculnya berbagai tuntunan pemenuhan kebutuhan hidup yang tak diperoleh dari lingkungan tempat tinggalnya serta terdapat rasa keingintahuan yang tinggi tentang benda serta gejala yang terdapat di permukaan bumi, mendorong setiap manusia untuk melakukan perjalanan ke daerah di luar tempat tinggalnya.

Dengan berkembangnya sistem pengetahuan juga ikut mendorong manusia untuk mengenal alam & lingkungannya lebih jauh, seperti perdagangan antar daerah telah mendorong manusia untuk mengenal daerah diluar wilayahnya. Karena kunjungan tersebut membuat mereka mampu mengenal keadaan alam, penduduk, serta keadaan lainnya.

Dari berbagai hasil perjalanannya itu lalu disampaikan kepada orang lain sehingga membuat orang lain tertarik untuk mengunjunginya. Di mulai dari perjalanan inilah yang kemudian muncul ilmu geografi.


Orang yang pertama kali mengemukakan pengertian tentang geografi ialah orang berkebangsaan yunani. Saat ini, geografi banyak mengemukakan tentang kajian alam serta berbagai aspek kehidupan di permukaan bumi ini. Sejarah perkembangan ilmu geografi dikelompokkan menjadi lima pandangan.


Adik-adik tercinta, berikut merupakan perkembangan tentang konsep geografi adalah:

1. Geografi Klasik.

Geografi dikenal sejak zaman yunani kuno & pengetahuan tentang bumi pada masa itu masih dipengaruhi oleh cerita rakyat & mitologi. Awalnya ruang bumi banyak digambarkan oleh pelancong, mereka menjelaskan dari pengalaman mereka saat menemukan daerah yang berbeda dengan daerah asalnya. Berikut antara lain tokoh geografi klasik adalah Amaximandaros, Eratosthenes, Herodotus, Thales, & Ptolomeus.

2. Geografi Abad Pertengahan.

Pada akhir abad pertengahan, uraian tentang geografi masih berisi laporan perjalanan baik hasil dari perjalanan darat maupun perjalanan laut.Motif pelancong padz abad ini sudah meliputi gold, glory, & gospel. Pada masa ini disebut juga Revolusi geografi. Pada masa ini banyak ditemukannya wilayah2 baru. Berikut antara lain tokoh geografi pada abad ini adalah Amerigo vespucci, Bartholomeus Diaz, Columbus, Copernicus, & Vasco de gama.

3. Geografi Abad ke-18 (Modern).

Pada abad modern geografi sudah dianggap disiplin ilmu ilmiah serta dipandang dari segi ilmu praktis. Pada masa ini terdapat beberapa tokoh diantaranya adalah: Alexander van humbolt, Charles darwin, & Immanuel kant.

4. Geografi abad ke-19 hingga abad ke-20 (Akhir).

Pada geografi akhir abad ke 19 memiliki ciri pandangan, yaitu terhadap hewan, tumbuhan, iklim & bentang alam. Pada periode ini ahli geografi pada memperdalam geologi pada penelitinya. Sedangkan kajian geografi manusia semakin berkurang. Pada masa ini terdapat beberapa tokoh antara lain adalah Frank debbenham, Hartshorne, & Freiderich ratzel.

5. Geografi Mutakhir.

Pada masa ini perkembangan geografi lebih mengarah kepada upaya pemecahan masalah yang dihadapi oleh manusia. Tokoh geografi pada zaman ini diantaranya adalah: Peter hagget & Wrigley.

Cukup sekian pembahasan kali ini. Apabila adik-adik ingin mengenai informasi lebih lanjut dapat mengajukan pertanyakan melalui form kontak kami ataupun dapat ditanyakan langsung kepada Bapak/Ibu pengajar geograji kalian.

Semoga tulisan ini, dapat membantu adik-adik untuk memahami tentang pengertian geografi yang merupakan materi untuk kelas X semester 1.
Terima kasih atas kunjungannya. Salam, Tim iPendidikan.