Cabang Ilmu Geografi dan Ilmu Bantu Geografi

iPendidikan.com - Disiplin ilmu geografi mempunyai cakupan objek yang luas. Objek itu meliputi fenomena alam & manusia, serta keterkaitan antar keduanya. Dalam mempelajari objek yang sangat luas, maka muncullah cabang-cabang geografi yang dapat memberikan analisis secara mendalam pada objek yang dipelajarinya.

Cabang Ilmu Geografi.

Berikut beberapa cabang-cabang ilmu geografi adalah:

A. Menurut Hagget, cabang geografi yaitu:

1. Geografi Fisik.

Geografi fisik adalah cabang geografi uang mempelajari gejala fisik di muka bumi. Berikut merupakan percabangan geografi fisik, yaitu:
  • Biogeografi.
  • Hidrologi.
  • Geologi.
  • Geomorfologi.
  • Kosmografi.
  • Meteorologi.
  • Klimatologi.
  • Pedologi.
  • Oseanografi.

2. Geografi Regional 

Geografi regional adalah pembelajaran tentang variasi persebaran gejala dalam ruang pada waktu tertentu baik nasional, lokal, ataupun kontinental. Geografi regional, dibagi menjadi dua macam yaitu:
  1. Geografi regional berdasarkan zonasi, termasuk di dalamnya adalah geografi wilayah arid, geografi wilayah tropik, geografi wilayah desa, geografi wilayah kota, & geografi wilayah tropik.
  2. Geografi regional berdasarkan kultur, termasuk di dalamnya adalah geografi kawasan Eropa, geografi kawasan Asia Tenggara, geografi kawasan Afrika, geografi kawasan Australia, geografi kawasan Amerika Selatan.

3. Geografi Manusia.

Geografi manusia, yaitu cabang geografi yang objek kajiannya keruangan manusia. Berikut merupakan aspek-aspek yang dikaji dalam cabang ini adalah:

Geografi penduduk, yaitu cabang geografi manusia yang objek pembelajarannya keruangan penduduk.

Geografi politik, yaitu cabang geografi manusia yang bidang kajiannya adalah aspek keruangan pemerintah ataupun kenegaraan yang meliputi hubungan regional, internasional, pemerintahan ataupun kenegaraan di muka bumi.

Geografi ekonomi, yaitu cabang geografi manudia yang bidang ksjiannya berupa struktur keruangan aktivitas ekonomi.

Geografi pemukian, yaitu cabang geografi yang objek pembelajarannya berhubungan dengan perkembangan permukiman di setiap wilayah permukaan bumi.

Geografi teknik mempelajari cara-cara memvisualkan serta menganalisis data & informasi geografis dalam bentuk diagram, peta, foto udara, serta citra hasil pengindraan jauh. Berikut merupakan cabang ilmu geografi teknik adalah:

Pengindraan jauh adalah ilmu & seni yang mendapatkan informasi tentang objek, daerah, ataupun gejala dengan menganalisis data yang didapatkan dengan memakai alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah, ataupun gejala yang dikaji.

Kartologi adalah ilmu & seni membuat peta yang menyajikan hasil-hasil ukuran serta pengumpulan data berbagai unsur permukaan bumi yang sudah dilakukan oleh geograf, kartograf, dll..

SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan sistem informasi berbasis komputer yang bisa mengelola, menyimpan, memproses, menganalisis data geografis & nongeografis, serta menyediakan informasi & grafis secara terpadu.

B. Menurut Huntington, cabang geografi terbagi menjadi empat, yaitu sebagai berikut:
  1. Antropogeografi (ilmu yang mempelajari manusia).
  2. Geografi fisik (ilmu yang mempelajari faktor fisik alam).
  3. Pitogeografi (ilmu yang mempelajari tanaman).
  4. Zoogeografi (ilmu yang mempelajari hewan).
Cabang ilmu grografi dan ilmu bantu geografi

Ilmu Bantu Geografi.

Ilmu pendukung geografi diantara adalah:

Antropogeografi.
Antropogeografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persebaran manusia di muka bumi dalam hubungannya dengan lingkungan geografi.

Biogeografi.
Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persebaran hewan maupun tumbuhan di muka bumi serta faktor-faktor yang mempengaruhi, membatasi, & menentukan pola persebarannya.

Demografi.
Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang kependudukan, yang terdiri dari jumlah, komposisi, pertumbuhan, serta migrasi penduduk.

Geomorfologi.
Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk permukaan bumi & penafsirannya tentang proses terbentuknya permukaan bumi.

Hidrologi.
Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena air di muka bumi, yang terdiri dari bentuk, sirkulasi, distribusi, serta sifat fisik & kimianya.

Kartografi.
Kartografi adalah ilmu yang mempelajari tentang peta, yang terdiri dari jenis, pembuatan, serta pemanfaatannya.

Klimatologi.
Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang iklim, yang terdiri dari sebab terjadinya serta pengaruhnya terhadap bentuk fisik & kehidupan di setiap wilayah.

Pedologi.
Pedologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tanah, yang terdiri dari proses pembentukan, jenis-jenis, serta persebarannya.

Pengindraan jauh.
Pengindraan jauh adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala ataupun geografi pada suatu tempat dengan memakai suatu alat dengan manggunakan bantuan media penginderaan jaun tanpa melakukan kontak secara langsung terhadap lokasi yang di amati.

SIG.
Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara membuat peta secara komputasi dengan tahap-tahap input data, proses & manajemen data, serta output data.


Dear adik-adik, cukup sekian pembahasan tentang cabang ilmu geografi & ilmu bantu geogragi yang terdapat pada materi pelajaran geografi kelas X semester 1.
Semoga dapat dipahami. Terima kasih & sampai jumpa kembali.
Salam, Tim iPendidikan.